-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pustu Kumuh di Morotai: Nyawa Ibu dan Bayi Terancam

23 Okt 2024 | Oktober 23, 2024 WIB Last Updated 2024-10-23T12:10:50Z



Aspirasi Jabar Moroti,Maluku Utara - Kondisi memprihatinkan tengah dialami Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Aru, Kecamatan Morotai Jaya, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu 23 Oktober 2024. 

Bangunan yang seharusnya menjadi tempat ibu hamil melahirkan dengan nyaman ini justru lebih mirip gubuk kumuh tak berpenghuni.

Plafon yang rusak parah mengancam keselamatan pasien dan petugas kesehatan. Semak belukar merambat bebas di sekitar gedung, semakin memperparah kesan kumuh. 

Akses air bersih yang sangat terbatas menjadi masalah utama, mengingat fungsinya yang krusial dalam pelayanan kesehatan, terutama bagi ibu hamil dan bayi.

"Torang minta berulang kali supaya kasih masuk air tapi tetap tidak ada. Dorang dari kesehatan (Dinas Kesehatan) larang warga melahirkan di rumah dan harus melahirkan di Pustu," ungkap Manto, salah seorang petugas Pustu. 

Ironisnya, fasilitas kesehatan yang seharusnya menjadi tempat yang aman justru tidak memiliki air bersih yang memadai.
Kondisi ini semakin diperparah dengan minimnya perhatian dari pemerintah setempat. 

Meski petugas telah berulang kali menyampaikan keluhan, perbaikan fasilitas tak kunjung dilakukan. 

"Torang berharap ada perbaikan fasilitas karena di sini pelayanan masyarakat tapi ini pemdes dan pemda juga tidak perhatikan," pungkas Manto.(oje)
×
Berita Terbaru Update