-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pembukaan dan Implementasi Asesmen Nasional jenjang Sekolah Dasar Berbasis Komputer Tahun 2024

28 Okt 2024 | Oktober 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-28T02:31:19Z


Aspirasi Jabar Morotai,Maluku Utara- Pembukaan dan Implementasi Asesmen Nasional jenjang Sekolah Dasar Berbasis Komputer Tahun 2024 dilaksanakan di SD Negeri Unggulan 1 Morotai Senin (28/10/2024).

Dihadiri oleh MARITA IM,ST,MT. Dari BPMP Prov,Maluku Utara dan Para Kepala Sekolah Dasar Unggulan 1 pulau morotai Didik Wahyudi. S.Pd

Sunardi Amin,S.Pd.(teknisi) Mursid Sembel,S.Pd.I sebagai Proktor menjelaskan bahwa Asesmen Nasional merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk memetakan mutu sistem pendidikan pada   satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter dan survei lingkungan belajar. Sehingga hasilnya dapat digunakan untuk memetakan mutu pendidikan, memberikan umpan balik kepada penyelenggara pendidikan dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan sistem mutu pendidikan.

Asesmen nasional akan dilakukan secara semi online dan ofline. Untuk tingkat sekolah dasar, kesiapan pelaksanaan secara online belum maksimal. Hal ini dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana pendukung khususnya terkait dengan laboratorium komputer, peralatan TIK dan juga jaringan internet yang belum memadai/tersedia. ujarnya

Asesmen merupakan metode pemetaan mutu yang paling efektif untuk mengetahui apa kompetensi dasar siswa karena memang hasil ujian itu tidak menentukan secara langsung terhadap pencapaian siswa di masa yang akan datang. Siswa perlu dibekali dengan tiga hal dasar yaitu, kemampuan, numerasi, literasi dan survei karakter, dan bagi pendidik diberikan survei lingkungan belajar untuk mengetahui sejauh mana pendidik dan energi kependidikan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar disekolah dan Assesment ini di bagi dalam 2 sesi selama 2 hari.

" Pemerintah Kabupaten Kabupaten Pulau Morotai berharap asesmen 2024 ini, ada peningkatan tanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan, literasi dan numerasi siswa. Peningkatan ini sangat penting dan disesuaikan dengan kemajuan teknologi, agar kedepan siswa-siswi lebih siap untuk mengikuti Asesmen di tahun selanjutnya. Gunakanlah fasilitas pendidikan untuk meningkatkan kualitas belajar anak dan mendorong mutual para siswa-siswi "harap kepala sekolah SDN Unggulan 1 Didik Wahyudi.(oje)



 
×
Berita Terbaru Update