-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Laura:Pengembangan UMKM Digital Sangat Penting, Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

25 Okt 2024 | Oktober 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-25T12:18:31Z


Aspirasi Jabar | | Kota Tasikmalaya-Bank Indonesia Tasikmalaya, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Dekranasda Kota Tasikmalaya, perbankan, pelaku UMKM, serta stakeholders strategis lainnya, dalam balutan acara Pagelaran Kreasi Priangan Timur & Puspa Kriya 2024.

Acara tersebut digelar di Plaza Asia pada Jumat(25 hingga 27 Oktober 2024) ini bertujuan untuk memperkuat sinergi di daerah dalam membangun ekosistem UMKM digital yang berkelanjutan, sekaligus menjadi bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun Kota Tasikmalaya yang ke-23.

Adapun temanya yaitu “Sinergi Membangun UMKM Dalam Ekosistem Digital yang Berkelanjutan”. Seluruh pelaku UMKM di event ini telah mendukung sistem pembayaran non-tunai, sejalan dengan upaya Bank Indonesia untuk memperluas digitalisasi sistem pembayaran melalui inisiatif QRIS dan BI-Fast.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Laura Rulida E. S. P. menekankan bahwa pengembangan UMKM digital sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Priangan Timur, termasuk di Kota Tasikmalaya

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta UMKM, namun hanya 39% yang telah go-digital. Oleh karena itu, sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak diperlukan untuk mempercepat digitalisasi UMKM dan memperkuat keberlanjutan usaha mereka,"paparnya

“Bank Indonesia juga mendukung penerapan konsep hijau bagi UMKM melalui pengembangan green process dan green output dengan berkomitmen pada prinsip keberlanjutan

" Salah satu inisiatif yang dihadirkan adalah kalkulator hijau, yang memungkinkan pelaku usaha menghitung emisi karbon dari kegiatan mereka, guna meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam kegiatan bisnis yang berkelanjutan.

Sementara itu,Pj.Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah.
 Pemerintah Kota Tasikmalaya,tentunya mengapreasiasi Bank Indonesia Tasikmalaya atas kontribusi dalam mendukung digitalisasi UMKM melalui sistem pembayaran, penjualan, dan pemasaran, yang membantu meningkatkan daya saing UMKM,"kata Cheka

"Selain pameran produk UMKM, acara ini juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti workshop sustainability, talkshow digitalisasi, dan fashion show dari wastra premium UMKM.

Lebih lanjut, kolaborasi antara Bank Indonesia dan Dekranasda Kota Tasikmalaya juga melibatkan penyelenggaraan lomba karya fesyen dari limbah kriya.

Kompetisi ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen bersama untuk mendorong pengembangan UMKM berkelanjutan, dengan memanfaatkan bahan ramah lingkungan yang berkontribusi terhadap pengurangan limbah dan mendukung ekonomi sirkular.

Pun, pada kesempatan itu Pemerintah Kota Tasikmalaya mengapreasiasi Bank Indonesia Tasikmalaya atas kontribusi dalam mendukung digitalisasi UMKM melalui sistem pembayaran, penjualan, dan pemasaran, yang membantu meningkatkan daya saing UMKM.

"Jadi melalui kegiatan Pagelaran Kreasi Priangan Timur hari ini, diharapkan jangkauan pemasaran UMKM semakin luas, peluang ekspor terbuka, dan kolaborasi antar pelaku usaha semakin kuat. Kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk memperkenalkan produk lokal ke pasar,"ujarnya

Apresiasi juga diberikan atas terwujudnya kerja sama antar daerah, yang menunjukkan pentingnya sinergi dalam membangun ekonomi kreatif bersama.

Pokonya harus ada sinergi dan kolaborasi sesuai dengan kekuatan masing- masing,kota Tasikmalaya tidak punya gunung tak punya laut,akan tetapi semuanya harus sesuai kekuatan.

"Bisa saja sudah digunung dan dilaut bisa tidur di Hotel di Kota Tasikmalaya,dan Kota Tasikmalaya punya UMKM,untuk itu harus tetap digenjot agar UMKM kota Tasikmalaya ada peningkatan,Harus ada kolaborasi antara satu sama lain,

Kami pun berharap adanya pagelaran Kreasi Priangan Timur & Puspa Kriya 2024 ini dapat menjadi platform penting bagi pelaku UMKM untuk berinovasi, berkolaborasi, dan memanfaatkan teknologi digital demi memperluas pasar, 

Selain itu,meningkatkan daya saing, serta menciptakan keberlanjutan usaha yang mendukung ekonomi hijau,serta produk produk Kota Tasikmalaya harus bisa go Internasional.(MM)
×
Berita Terbaru Update