-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dandim 1514/Morotai Inisiasi Penanaman Mangrove Bersama Universitas Pasifik

25 Okt 2024 | Oktober 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-25T11:25:56Z


Aspirasi Jabar ||  Morotai, – Dandim 1514/Morotai Letkol Arh Masykur Akmal menginisiasi kegiatan penanaman mangrove di Desa Gotalamo, Kecamatan Morotai Selatan, Jumat (25/10/2024). Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Universitas Pasifik (Unipas) Morotai sebagai bagian dari upaya pencegahan abrasi pantai dan pencemaran air di wilayah pesisir.

Dandim 1514/Morotai Letkol Arh Masykur Akmal menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari tahap pertama yang telah dilaksanakan sebelumnya. “Penanaman mangrove ini kami lakukan sebagai langkah pencegahan abrasi dan pencemaran air laut, serta mendukung lingkungan pesisir yang lebih sehat dan lestari. Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada 21 November 2024 untuk memperingati Hari Pohon Sedunia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dandim menjelaskan bahwa penanaman dilakukan di empat petak lokasi, dengan metode mirip penanaman jagung, yaitu dengan membuat lubang terlebih dahulu dan mengatur jarak bibit. Jenis mangrove yang ditanam di lahan tersebut adalah Avicennia dan Rhizophora, sesuai dengan karakteristik tanah pantai di kawasan tersebut.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga tanaman mangrove bisa tumbuh optimal dan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan pesisir Morotai,” pungkas Dandim Letkol Arh Masykur Akmal.

Dikershui hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dandim 1514/Morotai Letkol Arh Masykur Akmal, Pasi Ter Kodim 1514/Morotai Lettu Inf Mustafa Patty, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unipas Bapak Iswandi Wahap, Ka. Prodi Teknologi Hasil Perikanan Bapak Asy’ari, serta perwakilan dari Dinas Pertanian, staf pemerintah desa, personel jajaran Koramil, dan mahasiswa Unipas.(oje)
×
Berita Terbaru Update