KPU Morotai Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi untuk Pilkada 2024: Ini Syaratnya -->

KPU Morotai Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi untuk Pilkada 2024: Ini Syaratnya

14 Sep 2024, September 14, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar || Morotai,Maluku Utara-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, resmi membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin bergabung sebagai Relawan Demokrasi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Rekrutmen ini dibuka untuk mendukung kesuksesan Pilkada Serentak dengan tujuan meningkatkan partisipasi pemilih yang dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Proses rekrutmen dimulai dengan pengumuman resmi yang dilakukan pada tanggal 10-14 September 2024. Selanjutnya, masyarakat dapat melakukan pendaftaran pada 12-14 September 2024. Setelah itu, proses penelitian administrasi akan berlangsung pada 15-16 September 2024, dengan hasil penelitian administrasi diumumkan pada 16-17 September 2024.

Para calon Relawan Demokrasi yang dinyatakan lolos administrasi akan mengikuti tahapan wawancara pada 18 September 2024. Pengumuman hasil akhir dan kelulusan akan disampaikan pada 19 September 2024. Bagi mereka yang lolos, diwajibkan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) pada 21-22 September 2024 untuk mempersiapkan tugas sebagai Relawan Demokrasi dalam Pilkada nanti.

Kordiv Parmas dan SDM KPU Pulau Morotai, Yudison Belian Ali, dalam keterangannya menjelaskan, relawan demokrasi adalah warga negara indonesia (WNI) berusia minmal 17 hingga 35 tahun dan memiliki pendidikan minimal SLTA atau sederajat serta berdomisili di Pulau Morotai. 

Untuk pendaftaran, lanjut dia, calon relawan diharuskan membawa beberapa dokumen pendukung misalnya, fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi ijazah terakhir, pas foto ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar, daftar riwayat hidup, dan formulir pendaftaran yang telah diisi. 

"Adapun syarat untuk menjadi Relawan Demokrasi di antaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 17 hingga 35 tahun, memiliki pendidikan minimal SLTA atau sederajat, berdomisili di wilayah Pulau Morotai, dan bersedia berkomitmen untuk mendukung kegiatan Pilkada." jelasnya. 

Dengan menjadi bagian dari Relawan Demokrasi, tambah dia, masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024. 

"Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan persyaratannya, calon pendaftar dapat mengunjungi situs resmi KPU atau mengecek status pendaftaran mereka sebagai pemilih melalui portal cekdptonline.kpu.go.id." tandasnya.(oje)

TerPopuler