Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Izinkan Paskibraka Tetap Berhijab -->

Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Izinkan Paskibraka Tetap Berhijab

15 Agu 2024, Agustus 15, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar || MAKASSAR - Polemik terkait penggunaan hijab bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dipastikan tidak terjadi di Sulawesi Selatan (Sulsel). Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, mengizinkan Paskibraka yang bertugas pada saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, tetap berhijab.

"Kalau saya melihat di Sulawesi Selatan, ini mereka latihannya di Rumah Jabatan sehingga saya melihat sehari-hari. Ini tidak ada gangguan kok dalam menggunakan hijab. Jadi yang di sini silahkan tetap berhijab, saya yang tanggung jawab," tegas Prof Zudan, menjawab pertanyaan sejumlah wartawan terkait penggunaan hijab bagi Paskibraka, di Baruga Tudang Sipulung, Kamis, 15 Agustus 2024.

Sementara, Dantim Pelatih Letda Inf Abdul Azis Budi Hasbullah, mengatakan, sebagai pelatih pihaknya berpedoman pada aturan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Dimana, tidak ada instruksi khusus atau aturan yang melarang penggunaan hijab.

"Yang pakai hijab atau jilbab tetap menggunakan jilbab, karena kami pelatih tidak ada instruksi khusus dari atas," kata Abdul Aziz.

Salah satu petugas Paskibraka Provinsi Sulsel, Indira Nur Anastasiah, mengaku sudah siap bertugas. Indira yang menggunakan hijab akan bertugas sebagai pembawa baki.

"Saya sudah siap bertugas," kata Indira, yang merupakan perwakilan dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar. 

Diketahui, Aturan mengenai seragam jilbab petugas Paskibraka HUT ke-79 RI tingkat nasional untuk remaja putri jadi sorotan. Paskibraka putri beragama Islam yang memakai jilbab diminta melepas atribut itu saat upacara pengukuhan Paskibraka dan saat upacara kenegaraan pengibaran bendera 17 Agustus.

Pengurus pusat Purna Paskibraka Indonesia (PPI) mencatat ada 18 anggota Paskibraka berjilbab saat latihan. Namun, tak ada yang terlihat berjilbab saat pengukuhan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, Selasa, 13 Agustus 2024 lalu. 
Editor : redaksi

TerPopuler