Yoman Juara 1 Pertandingan Catur Se Kalbar Piala Sekda Kab. Kayong Utara 2024 -->

Yoman Juara 1 Pertandingan Catur Se Kalbar Piala Sekda Kab. Kayong Utara 2024

31 Jul 2024, Juli 31, 2024
Pasang iklan

Yoman Safri Atlet catur Kab Melawi juara 1 turnamen catur SE Kalbar Piala Sekda KKU tahun 2024 bersama rekan setim Puji Hamdani

Aspirasi Jabar ||Pontianak Kalbar-  Setelah bertanding selama 8 babak, Yoman Safri pecatur Kab Melawi tampil sebagai juara pada pertandingan catur non master tingkat provinsi Kalimantan Barat pada 28-29 Juli 2024 di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara melalui WhatsApp kepada Media, Selasa 30/7/2024.

Yoman menjadi pecatur yang tidak terkalahkan selama pertandingan. Dia berhasil mengumpulkan point 7,5 dari tujuh kali kemenangan dan satu kali remis saat melawan Hamzah dari Kabupaten Ketapang pada babak terakhir. Ia menjadi yang terbaik dari 120 jumlah pecatur yang hadir untuk berkompetisi dari berbagai Kab/Kota se Kalbar. 

"Alhamdulillah saya bisa juara di turnamen ini. Lawan terberat yang saya hadapi adalah Doni atlet catur dari Kab. Kubu Raya. Strategi saya dalam setiap menghadapi lawan adalah menjaga keseimbangan buah, tetap fokus dan konsentrasi. 

Jika lawan melakukan kesalahan ataupun langkah lemah, maka akan segera saya counter attack. Saya bersyukur sekali dapat bermain dengan baik dan berhasil menjadi juara satu," ujarnya dengan penuh rasa bahagia pada media.

Yoman bercerita bahwa keikutsertaannya di turnamen yang memperebutkan piala Sekda Kayong Utara ini penuh perjuangan dan bahkan boleh dibilang cukup berat.
Ia bersama rekan satu timnya Puji Hamdani, berangkat memakai motor dari Nanga Pinoh, Melawi menuju tempat pertandingan Sukadana Kab. Kayong Utara. 

Jarak yang sangat jauh sekitar 670 KM dengan perjalanan yang ditempuh lebih dari 16 jam justru menjadi pembakar semangatnya untuk menjadi yang terbaik dan tampil sebagai juara. 

Walaupun berangkat dengan biaya pribadi dan hanya dengan bermodalkan tekad yang kuat, tidak membuat dirinya patah semangat. Bahkan dengan tantangan yang berat itu akhirnya Yoman Safri bisa membuktikan diri bahwa ia bisa menjadi juara pada turnamen catur non master se-Kalbar di Kayong Utara. 

Atas prestasi juaranya ini, ia berharap ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Melawi terhadap pembinaan atlet catur Melawi 

"Saya berharap sekali adanya perhatian dari pemerintah kabupaten Melawi untut atlit catur. Selama ini di ajang pertandingan catur tingkat provinsi Kalimantan Barat, atlit catur Melawi selalu mempersembahkan prestasi untuk kab Melawi," tutur Yoman.

Sementara itu, juara dua dan tiga diraih atlet andalan dari Kab Ketapang, yakni Aspari dan Hamzah. Keduanya meraih poin 7 dan 6,5 dari delapan babak yang ditandingkan.

A. Rakhman Hudri

TerPopuler