-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kolaborasi Kodim 1514/Morotai dan Kelompok Tani Hasilkan Panen Melon Putih Hibrida.

6 Jul 2024 | Juli 06, 2024 WIB Last Updated 2024-07-06T10:54:12Z


Morotai, Maluku Utara - Dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan, Dandim 1514/Morotai, Letkol Arh Masykur Akmal, S.T., M.T., bersama Babinsa dan kelompok tani, melaksanakan panen raya buah melon putih hibrida F1 di lahan ketahanan pangan Kodim 1514/Morotai, Desa Dehegila, Kecamatan Morotai Selatan, pada Sabtu, 6/7/2024.

Letkol Arh Masykur Akmal menyampaikan, "Alhamdulillah, saat ini kami sudah bisa memanen buah melon putih hibrida F1 di lahan pangan Kodim 1514/Morotai, tepatnya di Desa Dehegila, Kecamatan Morotai Selatan. Jenis melon putih hibrida F1 ini memiliki berat sekitar 2,5 kg dengan usia tanam sekitar 65 hari."

Ia menambahkan, "Saat ini, Pulau Morotai sedang musim hujan sehingga membutuhkan perawatan khusus untuk tanaman ini. Kami juga sudah membuat bedengan sehingga air tidak banyak diserap oleh tanaman melon hibrida F1 ini,"terang Dandim.

Pratu Dandi Ibrahim, Babinsa Dehegila, menjelaskan proses tanam hingga panen. "Kami bersama kelompok tani yang dibentuk oleh Kodim 1514/Morotai telah berhasil membudidayakan buah melon putih hibrida F1, mulai dari pentahapan pengolahan lahan sampai dengan tahapan pemanenan."

Ia menjelaskan, "Awal penanaman dimulai dengan menyiapkan lahan dan membuat bedengan, kemudian kami melakukan pemupukan dasar menggunakan kompos pupuk organik untuk menanam biji melon tersebut."

"Setelah 10 hari, kami melakukan pemupukan pertama dan penyemprotan insektisida setiap 7 hari sekali untuk mengendalikan hama, terutama di musim penghujan ini karena banyak penyakit yang menjadi kendala di kebun kami,"jelasnya".

Ia melanjutkan,"Pemupukan dilakukan setiap 10 hari sekali hingga bulan Juli ini kami sudah melakukan pemanenan, tepatnya setelah 65 hari pasca tanam. Penanaman dilakukan pada minggu keempat di bulan April dan panen di minggu pertama bulan Juli. Buah melon yang dipanen memiliki berat sekitar 2,5 kg," tutup Pratu Dandi.(oje)
×
Berita Terbaru Update